PERANGKAT
PEMBELAJARAN
MATERI HIMPUNAN
SMP KELAS VII SEMESTER I
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas/Semseter : VII/1
Mata
Pelajaran : Matematika-Wajib
Topik
: Konsep himpunan dan penyajian himpunan
Waktu
: 1 x 40 menit (1 x pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki
rasa percaya pada daya dan kegunaan matematka, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.2 Memiliki
sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam
interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.2 Memahami
pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan
menunjukkan contoh dan bukan contoh.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Mempertebal keyakinan atas kebesaran
Tuhan dan kejujuran setelah mengetahui konsep himpunan yang dapat diterapkan
dalam mengatasi masalah nyata.
2.2.1
Memiliki rasa ingin
tahu bagaimana menyajikan himpunan.
2.2.2
Menerapkan rasa percaya diri dan teliti
dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan himpunan baik pada tugas
individu maupun diskusi kelompok.
2.2.3
Terlibat aktif di dalam pembelajaran himpunan.
2.3.1 Bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
2.3.2 Toleran terhadap proses pemecahan masalah
yang berbeda dan kreatif.
3.2.1 Mampu memberikan contoh dan bukan contoh
himpunan.
3.2.2 Mampu menjelaskan dan menuliskan cara
menyajikan himpunan.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan metode ceramah, tanya jawab,
penugasan, serta kegiatan pembelajaran kelompok berbasis PBL (Problem Based Learning)
dalam pembelajaran himpunan ini diharapkan peserta didik terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, dapat memberikan contoh dan bukan contoh himpunan serta
mampu menjelaskan dan menuliskan cara menyajikan himpunan,
mampu serta terampil dalam menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan
masalah yang relevan berkaitan dengan himpunan secara tepat, sistematis, dan menggunakan
simbol yang benar.
E.
Materi
Pembelajaran
Himpunan adalah kumpulanbenda atau objek yang
memiliki karakteristik yang sama dan terdefinisi dengan jelas. Maksud dari “terdefinisi dengan jelas” adalah bahwa
benda atau objek yang ada dalam kumpulan itu memiliki kesamaan ciri, sifat
ataupun karakteristik sehingga menjadi batasan-batasan bagi benda atau objek
lain tidak ikut sebagai anggota himpunan/kelompok tersebut.
Contoh kumpulan yang merupakan himpunan, antara
lain:
1.
Kumpulan hewan berkaki empat.
2.
Kumpulan huruf vokal.
Sedangkan contoh kumpulan yang bukan himpunan, antara lain:
1.
Kumpulan pria tampan.
2.
Kumpulan rumah yang tinggi.
Ada tiga cara menuliskan suatu himpunan, yaitu:
1.
Mendaftarkan anggotanya (enumerasi / tabulasi)
Suatu himpunan dapat dinyatakan dengan menyebutkan semua anggotanya yang
dituliskan dalam kurung kurawal.
Contoh:
2.
Menyatakan sifat yang dimiliki semua anggotanya
Contoh:
C = himpunan bilangan ganjil
D = himpunan semua bilangan prima
kurang dari 10
3.
Menuliskan notasi pembentuk himpunan
Suatu himpunan dapat dinyatakan dengan menuliskan kriteria (syarat)
keanggotaan himpunan tersebut.
F.
Model/Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan
: Saintifik (scientific)
2. Strategi
Pembelajaran : Heuristis
3. Model
Pembelajaran : Kooperatif (cooperative learning) menggunakan Problem Based Learning (PBL).
4. Metode
Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab,
dan Penugasan.
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru datang tepat waktu dan mengucapkan salam dengan santun,
“Assalamu’alaikum warahmatullahi
wabarakatuh”.”Selamat pagi, anak-anak”.
2. Guru
memimpin siswa untuk berdoa bersama
3.
Guru mengkondisikan kelas pada situasi belajar dan
mengecek kehadiran peserta didik.
4. Guru
memberikan gambaran tentang pentingnya mempelajari himpunan serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
5. Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak
memecahkan masalah yang berkaitan dengan himpunan.
-
Apa yang dimaksud dengan himpunan?
-
Apa saja contoh dari himpunan?
-
Memberikan masalah nyata mengenai himpunan.
6. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu dapat memberikan contoh dan bukan contoh
himpunan serta mampu menjelaskan dan menuliskan cara menyajikan himpunan,
mampu serta terampil dalam menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan
masalah yang relevan berkaitan dengan himpunan secara tepat, sistematis, dan menggunakan
simbol yang benar.
|
5 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru
membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri atas 4
siswa. Kemudian memberikan lembar kerja peserta didik.
2. Siswa
melakukan pengamatan terhadap media pembelajaran. Kemudian siswa dibimbing
untuk menemukan konsep himpunan, selanjutnya siswa diminta mengkomunikasikan
hasil pengamatan mereka.
Menanya
3. Guru
memberi kesempatan untuk peserta didik bertanya mengenai hal-hal yang ingin
ditanyakan peserta didik mengenai materi himpunan dan cara menyajikan
himpunan.
4. Siswa
termotivasi untuk mempertanyakan apakah
permasalahan yang disajikan guru dapat diselesaikan menggunakan konsep
himpunan.
Menalar
5. Siswa
dengan bimbingan guru membuat penyelesaian dari permasalahan tersebut.
6. Beberapa siswa ditanya apa yang
dapat mereka simpulkan dari contoh pemasalahan tersebut.
7. Siswa mencari contoh lain
permasalahan nyata yang berkaitan dengan himpunan.
Mencoba
8. Guru
memberikan soal yang berkaitan dengan konsep himpunan dan cara menyajikan
himpunan (buku siswa halaman 117)
9. Melalui
diskusi antar teman kelompok, siswa menjawab persoalan tentang konsep
himpunan dan cara menyajikan himpunan dengan selang waktu yang sudah
ditentukan guru sebelumya.
10. Selama
siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa
untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh
pekerjaannya.
Mengasosiasi
11. Siswa
menghubungkan antara contoh/permasalahan yang telah disajikan guru pada
kegiatan sebelumnya dengan masalah yang ada pada buku siswa halaman 117.
12. Beberapa
kelompok diskusi (tidak harus yang
terbaik) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
Sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang
dipresentasikan.
13. Dengan
tanya jawab dan ceramah, dapat disimpulkan mengenai cara menyajikan himpunan.
14. Selanjutnya,
guru membuka cakrawala siswa dalam menyelesaikan permaslahan yang berkaitan
dengan konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan.
15. Siswa
menyimpulkan konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan.
16. Guru
membimbing/menilai kemampuan siswa dalam melakukan aktifitas dan merumuskan kesimpulan.
Mengomunikasikan
17. Siswa
menyampaikan kesimpulan tentang konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan.
18. Guru
memberi penguatan terhadap kesimpulan yang disampaikan siswa.
19. Guru
menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan.
|
30
menit
|
Penutup
|
1. Beberapa
siswa diminta menyimpulkan kembali mengenai konsep himpunan dan cara
menyajikan himpunan.
2. Dengan
bantuan presentasi komputer/menuliskan di papan tulis, guru menayangkan apa
yang telah dipelajari dan menyimpulkan materi mengenai konsep himpunan dan
cara menyajikan himpunan.
3. Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
mengenai materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
5 menit
|
H.
Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
1. Alat / bahan
pembelajaran :
-
Whiteboard / blackboard
-
Spidol / Kapur
-
Penghapus
-
Laptop dan LCD
2. Media
pembelajaran :
-
Power
Point
-
LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
3. Sumber
pembelajaran :
-
Buku Siswa Matematika Kelas VII.
I.
Penilaian
Hasil Belajar
1. Teknik
Penilaian: Pengamatan, Tes tertulis
2. Prosedur
Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat
aktif dalam pembelajaran konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan.
b. Bekerjasama,
konsisten, disiplin, dan percaya diri dalam kegiatan kelompok.
c. Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a. Menjelaskan
kembali konsep konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan serta mampu
menyelesaikan masalah mengenai konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan secara tepat, sistematis, dan menggunakan
simbol yang benar.
|
Pengamatan
dan tes
|
Kegiatan inti
|
3.
|
Keterampilan
a. Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan
berkaitan dengan konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan.
|
Pengamatan
|
Kegiatan
inti
|
J.
Instrumen
Penilaian Hasil Belajar
Bentuk Instrumen : Tes
Tertulis dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Instrumen :
Tes tertulis
1. Tulislah semua anggota himpunan
berikut ini
a. Himpunan B adalah himpunan
semua huruf konsonan.
b. Himpunan A adalah himpunan
bilangan asli kurang dari 10.
c. Himpunan K adalah himpunan
semua bilangan asli yang kurang dari 100 dan habis dibagi 3.
d. Himpunan C adalah himpunan
bilangan asli lebih dari 10.
2. Nyatakan himpunan berikut ke dalam
cara mendaftar dan notasi pembentuk himpunan
a. Himpunan bilangan ganjil yang
kuadratnya kurang dari 100
b. Himpunan bilangan prima yang genap
c. Himpunan huruf-huruf konsonan dalam
alphabet
d. Himpunan bilangan asli yang kurang
dari nol
Tidak ada komentar:
Posting Komentar