Senin, 05 Desember 2016

CONTOH RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) MATERI HIMPUNAN



PERANGKAT PEMBELAJARAN
MATERI HIMPUNAN
 SMP KELAS VII SEMESTER I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      : SMP
Kelas/Semseter            : VII/1
Mata Pelajaran            : Matematika-Wajib
Topik                           : Konsep himpunan dan penyajian himpunan
Waktu                                     : 1 x 40 menit (1 x pertemuan)
A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.1     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematka, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.2  Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.2  Memahami pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1        Mempertebal keyakinan atas kebesaran Tuhan dan kejujuran setelah mengetahui konsep himpunan yang dapat diterapkan dalam mengatasi masalah nyata.
2.2.1      Memiliki rasa ingin tahu bagaimana menyajikan himpunan.
2.2.2        Menerapkan rasa percaya diri dan teliti dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan himpunan baik pada tugas individu maupun diskusi kelompok.
2.2.3        Terlibat aktif di dalam pembelajaran himpunan.
2.3.1    Bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
2.3.2    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
3.2.1    Mampu memberikan contoh dan bukan contoh himpunan.
3.2.2    Mampu menjelaskan dan menuliskan cara menyajikan himpunan.

D.    Tujuan Pembelajaran
Dengan metode ceramah, tanya jawab, penugasan, serta kegiatan pembelajaran kelompok berbasis PBL (Problem Based Learning) dalam pembelajaran himpunan ini diharapkan peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, dapat memberikan contoh dan bukan contoh himpunan serta mampu menjelaskan dan menuliskan cara menyajikan himpunan, mampu serta terampil dalam menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan berkaitan dengan himpunan  secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.

E.     Materi Pembelajaran
Himpunan adalah kumpulanbenda atau objek yang memiliki karakteristik yang sama dan terdefinisi dengan jelas. Maksud dari “terdefinisi dengan jelas” adalah bahwa benda atau objek yang ada dalam kumpulan itu memiliki kesamaan ciri, sifat ataupun karakteristik sehingga menjadi batasan-batasan bagi benda atau objek lain tidak ikut sebagai anggota himpunan/kelompok tersebut.
Contoh kumpulan yang merupakan himpunan, antara lain:
1.      Kumpulan hewan berkaki empat.
2.      Kumpulan huruf vokal.

Sedangkan contoh kumpulan yang bukan himpunan, antara lain:
1.      Kumpulan pria tampan.
2.      Kumpulan rumah yang tinggi.
Ada tiga cara menuliskan suatu himpunan, yaitu:
1.      Mendaftarkan anggotanya (enumerasi / tabulasi)
Suatu himpunan dapat dinyatakan dengan menyebutkan semua anggotanya yang dituliskan dalam kurung kurawal.
Contoh:
2.      Menyatakan sifat yang dimiliki semua anggotanya
Contoh:
C = himpunan bilangan ganjil
D = himpunan semua bilangan prima kurang dari 10
3.      Menuliskan notasi pembentuk himpunan
Suatu himpunan dapat dinyatakan dengan menuliskan kriteria (syarat) keanggotaan himpunan tersebut.

F.     Model/Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                       : Saintifik (scientific)
2.      Strategi Pembelajaran       : Heuristis
3.      Model Pembelajaran         : Kooperatif (cooperative learning) menggunakan Problem Based Learning  (PBL).
4.      Metode Pembelajaran       : Ceramah, Tanya jawab, dan Penugasan.

G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru datang tepat waktu dan mengucapkan salam dengan santun, “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh”.”Selamat pagi, anak-anak”.
2.      Guru memimpin siswa untuk berdoa bersama
3.     Guru mengkondisikan kelas pada situasi belajar dan mengecek kehadiran peserta didik.
4.      Guru memberikan gambaran tentang pentingnya mempelajari himpunan serta kegunaannya  dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah yang berkaitan dengan himpunan.
-          Apa yang dimaksud dengan himpunan?
-          Apa saja contoh dari himpunan?
-          Memberikan masalah nyata mengenai himpunan.
6.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu dapat memberikan contoh dan bukan contoh himpunan serta mampu menjelaskan dan menuliskan cara menyajikan himpunan, mampu serta terampil dalam menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan berkaitan dengan himpunan  secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
5 menit
Inti
Mengamati

1.      Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri atas 4 siswa. Kemudian memberikan lembar kerja peserta didik.
2.      Siswa melakukan pengamatan terhadap media pembelajaran. Kemudian siswa dibimbing untuk menemukan konsep himpunan, selanjutnya siswa diminta mengkomunikasikan hasil pengamatan mereka.

Menanya
3.      Guru memberi kesempatan untuk peserta didik bertanya mengenai hal-hal yang ingin ditanyakan peserta didik mengenai materi himpunan dan cara menyajikan himpunan.
4.      Siswa termotivasi untuk mempertanyakan apakah  permasalahan yang disajikan guru dapat diselesaikan menggunakan konsep himpunan.

Menalar
5.      Siswa dengan bimbingan guru membuat penyelesaian dari permasalahan tersebut.
6.      Beberapa siswa ditanya apa yang dapat mereka simpulkan dari contoh pemasalahan tersebut.
7.      Siswa mencari contoh lain permasalahan nyata yang berkaitan dengan himpunan.  

Mencoba
8.      Guru memberikan soal yang berkaitan dengan konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan (buku siswa halaman 117)
9.      Melalui diskusi antar teman kelompok, siswa menjawab persoalan tentang konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan dengan selang waktu yang sudah ditentukan guru sebelumya.
10.  Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya.
Mengasosiasi
11.  Siswa menghubungkan antara contoh/permasalahan yang telah disajikan guru pada kegiatan sebelumnya dengan masalah yang ada pada buku siswa halaman 117.
12.  Beberapa kelompok diskusi (tidak harus yang terbaik) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan.
13.  Dengan tanya jawab dan ceramah, dapat disimpulkan mengenai cara menyajikan himpunan.
14.  Selanjutnya, guru membuka cakrawala siswa dalam menyelesaikan permaslahan yang berkaitan dengan konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan.
15.  Siswa menyimpulkan konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan.
16.  Guru membimbing/menilai kemampuan siswa dalam melakukan aktifitas  dan merumuskan kesimpulan.

Mengomunikasikan
17.     Siswa menyampaikan kesimpulan tentang konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan.
18.  Guru memberi penguatan terhadap kesimpulan yang disampaikan siswa.
19.  Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan.
30  menit
Penutup
1.      Beberapa siswa diminta menyimpulkan kembali mengenai konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan.
2.      Dengan bantuan presentasi komputer/menuliskan di papan tulis, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan menyimpulkan materi mengenai konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan.
3.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar mengenai materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
5 menit

H.    Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.      Alat / bahan pembelajaran :
-          Whiteboard / blackboard
-          Spidol / Kapur
-          Penghapus
-          Laptop dan LCD
2.      Media pembelajaran :
-          Power Point
-          LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
3.      Sumber pembelajaran :
-          Buku Siswa Matematika Kelas VII.

I.       Penilaian Hasil Belajar
1.      Teknik Penilaian: Pengamatan, Tes tertulis
2.      Prosedur Penilaian:

No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan.
b.      Bekerjasama, konsisten, disiplin, dan percaya diri dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.       Menjelaskan kembali konsep konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan serta mampu menyelesaikan masalah mengenai konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
Pengamatan dan tes
Kegiatan inti
3.

Keterampilan
a.       Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan berkaitan dengan konsep himpunan dan cara menyajikan himpunan.
Pengamatan
Kegiatan inti

J.      Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Bentuk Instrumen : Tes Tertulis dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Instrumen :
Tes tertulis
1.      Tulislah semua anggota himpunan berikut ini
a.       Himpunan B adalah himpunan semua huruf konsonan.
b.      Himpunan A adalah himpunan bilangan asli kurang dari 10.
c.       Himpunan K adalah himpunan semua bilangan asli yang kurang dari 100 dan habis dibagi 3.
d.      Himpunan C adalah himpunan bilangan asli lebih dari 10.

2.      Nyatakan himpunan berikut ke dalam cara mendaftar dan notasi pembentuk himpunan
a.       Himpunan bilangan ganjil yang kuadratnya kurang dari 100
b.      Himpunan bilangan prima yang genap
c.       Himpunan huruf-huruf konsonan dalam alphabet
d.      Himpunan bilangan asli yang kurang dari nol

LKPD (terlampir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar