SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA
SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMP/MTS
|
Kelas /
Semester
|
:
|
VII
(Tujuh)/1 (Satu)
|
Kompetensi
Inti*
|
||
Kompetensi Inti 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
Kompetensi Inti 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
Kompetensi Inti 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
Kompetensi Dasar**
|
Materi Pokok***
|
Pendekatan Pembelajaran****
|
Instrumen Penilaian*****
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
070201 Menunjukkan perilaku konsisten dan teliti dalam melakukan aktivitas di rumah,
sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi pemahaman tentang operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan
|
1. Operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan
|
MENGAMATI
- Mengamati peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan
bulat, seperti temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon atau
daratan, dan sebagainya
- Mengamati peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan
pecahan, seperti potongan benda/buah atau potongan dari gambar benda/buah,
dan sebagainya
MENANYA
- Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana dulu manusia mengenal dan menggunakan bilangan?
Sejak kapan siswa menggunakan bilangan dan untuk apa? Apa perbedaan bilangan
asli, bilangan cacah
- Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan berbagai aspek bilangan, misal: adalah bilangan terkecil?
terbesar? Bagaimana cara kerja perangkat komputer menghitung hasil operasi
bilangan? Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol? Adakah hasil bagi dengan
nol? Dan sebagainya
EKSPERIMEN/EXPLORE/PENGUMPULAN DATA
Penjumlahan
- Menyebut dan menuliskan berbagai
bilangan dari berbagai kumpulan benda atau gambar benda
- Membandingkan dan mengurutkan
sekelompok bilangan dari terkecil
- Menggambar garis bilangan dan
menempatkan sekelompok bilangan pada garis bilangan yang tepat
- Menulis bentuk penjumlahan dari
berbagai gabungan dua kumpulan benda
- Mengingat dan mencongak penjumlahan
bilangan sampai 20 dengan berbagai cara
- Menentukan nilai tempat suatu angka
pada sebuah bilangan
- Menyimpulkan sifat penjumlahan dengan
bilangan nol dan sifat hasil penjumlahan berbagai bilangan dengan berbagai
urutan
- Menjumlah dua bilangan dengan cara
susun panjang, susun pendek atau cara lainnya
Pengurangan
- Menulis bentuk pengurangan dari
pengambilan sejumlah benda dari sekumpulan benda
- Menuliskan bentuk pengurangan dari
bentuk penjumlahan yang diberikan atau sebaliknya
- Mengingat dan mencongak pengurangan
bilangan sampai 20 dengan berbagai cara
- Menyimpulkan sifat pengurangan dengan
bilangan nol
- Mengurang dua bilangan dengan cara
susun panjang, susun pendek atau cara lainnya
Perkalian
- Menulis bentuk perkalian dari
sejumlah benda yang terbagi ke dalam kelompok-kelompok benda dengan jumlah
yang sama dan menghitung hasilnya
- Menulis bentuk perkalian dari bentuk
penjumlahan berulang dan menghitung hasilnya
- Mengingat dan mencongak perkalian
bilangan sampai 100 dengan berbagai cara
- Menyimpulkan sifat perkalian dengan
satu dan sifat hasil perkalian berbagai bilangan dengan berbagai urutan
- Menghitung hasil perkalian dua
bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara lainnya
Pembagian
- Menulis bentuk pembagian dari
sejumlah/sekelompok benda yang diberikan kepada sejumlah orang dengan jumlah
yang sama dan menghitung berapa orang yang mendapat bagian yang sama
- Menulis bentuk pembagian dari bentuk
pengurangan berulang
- Menulis bentuk pembagian dari bentuk
perkalian yang diberikan dan sebaliknya
- Mengingat dan mencongak pembagian
bilangan sampai 100 dengan berbagai cara
- Menyimpulkan sifat pembagian dengan
satu, serta sisa hasil pembagian
- Menghitung hasil pembagian dua
bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara lainnya
Operasi campuran
- Menghitung hasil operasi campuran
yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan
cacah sesuai aturan
Operasi bilangan bulat
- Menuliskan bilangan dari fenomena
sehari-hari yang berkaitan dengan temperatur atau suhu berbagai benda,
ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya
- Membandingkan bilangan negatif
melalui konteks sehari-hari yang relevan melalui istilah lebih dingin, lebih
tinggi dan sebagainya dari kejadian sehari-hari
- Membandingkan dan mengurutkan
sekelompok bilangan bulat dari terkecil
- Menggambar garis bilangan dan
menempatkan sekelompok bilangan bulat pada garis bilangan yang tepat
- Menjumlah dan mengurang dua bilangan
bulat dengan bantuan garis bilangan atau cara lainnya
- Menghitung hasil perkalian bilangan
bulat melalui penjumlahan berulang atau cara lainnya
- Menemukan cara dan menghitung hasil
pembagian bilangan bulat dari bentuk perkaliannya atau cara lainnya
- Menyimpulkan sifat penjumlahan,
pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat
Operasi bilangan pecahan
- Menuliskan nilai pecahan dari
fenomena sehari-hari seperti pemotongan benda menjadi beberapa bagian dan
sebagainya
- Menyatakan suatu pecahan ke dalam
berbagai bentuk gambar dan sebaliknya
- Menggambar garis bilangan dan
menempatkan sekelompok pecahan pada garis bilangan yang tepat
- Menyatakan suatu pecahan ke bentuk
pecahan lain yang senilai dengan berbagai cara
- Membandingkan dan mengurutkan
sekelompok pecahan dari terkecil melalui representasi gambar atau
kedudukannya dalam garis bilangan atau cara lainnya
- Menghitung hasil penjumlahan pecahan
melalui representasi gambar
- Menjumlah dan mengurang pecahan
berpenyebut sama
- Menjumlah dan mengurang pecahan
berpenyebut tidak sama dengan mengubah pecahan-pecahan ke bentuk pecahan lain
dengan penyebut sama
- Menghitung hasil perkalian pecahan
melalui representasi gambar, secara aljabar atau cara lainnya
- Menemukan cara dan menghitung hasil
pembagian pecahan dari bentuk perkaliannya
- Mengubah pecahan ke bentuk desimal
dan persen
- Melakukan penjumlahan, pengurangan,
perkalian dan pembagian pecahan desimal dengan cara susun pendek atau cara
lainnya
- Menghitung hasil operasi campuran
yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan
bulat dan pecahan sesuai aturan
ASOSIASI
- Menganalisis dan menyimpulkan melalui
penalaran induktif (dalam bentuk verbal) bahwa tidak ada bilangan terkecil
atau terbesar,artinya jika diberikan sembarang bilangan selalu dapat
ditunjukkan bilangan yang lebih besar atau lebih kecil dari bilangan yang
diberikan
- Menganalisis dan menyimpulkan
penjumlahan bersifat komutatif (dapat dipertukarkan) melalui pengamatan pola
atau secara aljabar
- Menunjukkan melalui contoh bahwa
pengurangan dan pembagian tidak bersifat komutatif
- Menganalisis dan menyimpulkan
perkalian bersifat komutatif (dapat dipertukarkan) melalui pengamatan pola
atau secara aljabar
- Menunjukkan bahwa perkalian dengan
nol hasilnya nol melalui contoh atau secara aljabar
- Menganalisis dan menyimpulkan
penjumlahan dan perkalian bersifat asosiatif (dapat dikelompokkan urutan
operasinya) melalui pengamatan pola atau secara aljabar
- Menganalisis dan menyimpulkan sifat
distributif (penyebaran) penjumlahan/pengurangan terhadap perkalian/pembagian
melalui pengamatan pola atau secara aljabar
- Menganalisis, mengkaitkan dan
menyimpulkan kedudukan bilangan asli, bilangan cacah, bilangan bulat dan
bilangan pecahan, serta bilangan rasional
-
- Menceritakan masalah yang berkaitan
dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan ke dalam bahasa sendiri,
dalam bentuk diagram, ataupun ke bentuk representasi lainnya
- Menjelaskan konsep, operasi hitung
yang sesuai dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan
- Menetukan model atau kalimat
matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan
- Memilih strategi atau cara dan
menyelsaikan model atau kalimat matematika dari masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
- Menetukan solusi dan memeriksa masuk
akalnya solusi dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan
KOMUNIKASI
- Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan operasi
hitung atau aljabar yang dikuasai, contoh masalah yang diselesaikan dengan
bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
- Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi,
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
- Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
§ Mencari informasi sejarah bilangan
dan pecahan dalam konteks sehari-hari
Observasi
Selama KBM:
§ ketelitian
§ rasa ingin tahu
Portofolio
Menilai
kemajuan belajar dalam memecahkan masalah:
§ pemahaman
§ pemodelan
atau penyusunan kalimat matematika
§ memilih
strategi dan menyelesaikan model
§ masuk akalnya
penyelesaian
Tes
Mengerjakan
lembar kerja berkaitan bilangan bulat dan pecahan
§ penjumlahan
§ pengurangan
§ perkalian
§ pembagian
|
4x5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga operasi bilangan
|
070202 Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah,
sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan operasi
bilangan bulat
|
|||||
070301 Membandingkan dan
mengurutkan berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan
bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
|
|||||
070302
Memahami pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi
himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
|
Himpunan
|
Mengamati
- Mengamati peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep
himpunan,
seperti kumpulan hewan, kumpulan alat tulis, kumpulan tumbuhan,
dan lain sebagainya
- Mengamati
tayangan gambar/video tentang kumpulan hewan, buah-buahan, kendaraan
bermotor, atau kegiatan di pasar dan lain sebagainya.
Menanya
- Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana mengelompokkan suatu benda? Apa kriteria yang digunakan? Mana
yang masuk anggota kelompok dan mana bukan?
- Siswa termotivasi untuk berdiskusi
dan mempertanyakan
tentang himpunan, missal: apa kriteria untuk mengelompok benda telah
jelas? Adakah kelompok benda tanpa kriteria yang jelas? Bagaimana kaitannya
dengan himpunan?
Eksperimen/explore
- Menjelaskan,
menguraikan, mendeskripsikan kriteria yang digunakan untuk mengkalisifikasi
dan mengelompokkan benda-benda
- Menjelaskan
himpunan melalui contoh dengan bantuan diagram, gambar atau cara lainnya
- Menyebut dan menuliskan mana yang
merupakan himpunan dan bukan himpunan atau kumpulan benda dari berbagai kumpulan benda atau
gambar benda dari hasil pengamatan
- Berdiskusi,
membahas, menjelaskan dan menuliskan cara menyajikan himpunan: dengan mendaftar
anggota-anggotanya, dengan kata-kata, diagram dan dengan notasi pembentuk
himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
- Berdiskusi,
membahas, dan memilih cara penyjian himpunan berdasarkan karakteristik
anggotanya
- Menentukan
anggota dan banyak anggota himpunan dari kelompok tertentu berdasarkan
pengelompokan dari hasil pengamatan
-
- Menjelaskan,
mencontohkan dan menyatakan himpunan kosong, nol, berhingga, tak berhingga
menggunakan konteks nyata
- Menjelaskan,
mencontohkan dan menyatakan jenis, cakupan dan karakteristik himpunan semesta
dari kelompok benda/ himpunan bilangan berdasarkan pengelompokan dari hasil
pengamatan
- Menjelaskan
karakteristik dan menentukan himpunan bagian dan banyaknya himpunan bagian
dari kelompok benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
-
- Mendeskripsikan
dan menentukan komplemen dari kelompok
benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
- Menjelaskan
karakteristik keanggotaan dan menentukan karakteristik keanggotaan dan hasil
irisan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
- Menjelaskan
karakteristik keanggotaan dan menuliskan hasil gabungan dari dua atau lebih
dari kelompok benda/himpunan
- Menjelaskan
karakteristik keanggotaan dan
menuliskan hasil pengurangan atau selisih dari dua atau lebih dari kelompok
benda/himpunan
-
- Menggambar
berbagai bentuk diagram venn dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
- Menjelaskan
dan menyebutkan hubungan himpunan dari dua atau lebih dari kelompok
benda/himpunan
- Diskusi
menyelesaikan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan permasalahan
dalam keseharian yang melibatkan konsep himpunan
Asosiasi
- Menganalisis dan
menyimpukan pentingnya penggunaan konsep himpunan dalam kehidupan sehari-hari
melalui berbagai contoh
- Menganalisis,
mengkaitkan, dan mendeskripsikan perbedaan yang merupakan himpunan dan bukan
himpunan
- Menganalisis dan
meyimpulkan perbedaan himpunan nol dan himpunan kosong
- Menganalisis,
merumuskan dan menyimpulkan himpunan kosong merupakan himpunan bagian dari
setiap kelompok himpunan manapun
- Menganalisis
dan membandingkan operasi-operasi yang berlaku pada himpunan dengan operasi
aljabar pada bilangan
Komunikasi
- Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat
kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan
berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan
- Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi,
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
- Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
§ Mencari informasi seputar
sejarah tokoh teori himpunan
Observasi
Selama KBM:
§ ketelitian
§ rasa ingin tahu
Portofolio
Menilai
kemajuan belajar dalam memecahkan masalah himpunan:
§ pemahaman
§ pemodelan
atau penyusunan kalimat matematika
§ memilih
strategi dan menyelesaikan model
§ masuk akalnya
penyelesaian
Tes
Mengerjakan
lembar kerja berkaitan dengan himpunan:
§ himpunan
bagian
§ komplemen
§ operasi himpunan
§ diagram Venn
|
4x5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud,
Benda di lingkungan.
|
070303
Menentukan nilai variabel dalam persamaan dan pertaksamaan linear satu variabel
|
Persamaan dan pertidaksamaan Linear
Satu Variabel
|
Mengamati
- Mengamati gambar/foto/video
peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan hubungan
fungsional atau penggunaan
persamaan linear satu variabel, seperti panas benda dengan ukuran panjang, kecepatan dan
jarak tempuh dsb, serta hubungan fungsional atau penggunaan pertidaksamaan
linear satu variabel,
seperti., seperti usia minimal mendapatkan SIM, tonase kendaraan
angkut dsb.
Menanya
- Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya berbagai kejadian perubahan besaran yang berakibat
pada perubahan besaran lainnya
- Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan bagaimana tingkat pengaruh perubahan berdampak pada
perubahan besaran lainnya, misal: kecepatan datangnya banjir dengan lebar
sungai, kecepatan berbagai jenis kendaraan yang dipengaruhi oleh kndisi
jalan, dsb
Eksperimen/explore
- Membahas,
mendiskusikan dan menjelaskan peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang merupakan
hubungan fungsional atau berkaitan dengan persamaan/pertidaksamaan linear
satu variable
- Menyatakan
berbagai peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang ke bentuk ekspresi aljabar secara
umum dan yangberupa persamaan/pertidaksamaan linear satu variable
- Menyatakan
suatu persamaan/pertidaksamaan linear satu variable ke dalam bahasa verbal
sehari-hari dan memberikan
contoh-contoh peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan ekspresi tersebut
- Mendeskripsikan
dan mengidentifikasi variable, koefisien, konstata dan derajat dari
persamaan/pertidaksamaan linear satu variable
- Mendiskusikan cara penyelesaian persamaan
linear/pertidaksamaan satu variabel melalui memanipulasi aljabar untuk menentukan bentuk
paling sederhana yang setara
dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi
dengan bilangan yang sama
- Mendiskusikan dan
menjelaskan perbedaan
kesamaan, persamaan, ketidaksamaan, dan pertidaksamaan, persamaan linier satu variabel dan
pertidaksamaan linier satu variabel
-
memberikan contoh kasus keseharian
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan
menyusunnya dalam model matematika yang sesuai.
Asosiasi
- mengidentifikasi,
menganalisis dan mendeskripsikan kalimat terbuka atau tertutup bentuk linear,
kalimat yang memiliki nilai kebenaran, kalimat yang tidak memiliki nilai
kebenaran
- Mengidentifikasi,
menganalisis dan menjelaskan argumentasi kesetaraan berbagai bentuk
persamaan/pertidaksamaan linear satu variabel
- Menganalisis,
memodelkan dan keterkaitan antara bentuk persamaan/pertidaksamaan nonlinear
satu variable yang dapat diselesaikan dengan mengubah ke bentuk linear
- Menyimpulkan
dan menguji kebenaran pengertian persamaan/pertidaksamaan linear satu
variable berdasarkan contoh-contoh yang telah dipelajari
Komunikasi
- Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan dalam
menyelesaikan persamaan linear satu variabel, contoh masalah
persamaan/pertidaksamaan linear satu variabel yang diselesaikan dengan bahasa yang
jelas, sederhana, dan sistematis
- Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi,
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
- Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya
|
Tugas
§ Mencari informasi seputar
sejarah tokoh aljabar
Observasi
Selama KBM:
§ ketelitian
§ rasa ingin tahu
Portofolio
Menilai
kemajuan belajar dalam memecahkan masalah persamaan linear:
§ pemahaman
§ pemodelan
atau penyusunan kalimat matematika
§ memilih
strategi dan menyelesaikan model
§ masuk akalnya
penyelesaian
Tes
Mengerjakan
lembar kerja berkaitan persamaan linear:
§ bentuk
verbal/konteks dari PLSV/ PtLSV
§ kesetaraan
PLSV/ PtLSV
§ solusi PLSV/
PtLSV
|
4x5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan.
|
070402 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
|
|||||
070304 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa
perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran
|
Perbandingan
|
Mengamati
- Mengamati gambar/foto/video
peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep
perbandingan,
seperti peta, denah, maket, foto, komposisi bahan makanan
pada resep, komposisi obat pada resep obat, dsb
Menanya
-
Guru dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal
bagaimana dulu manusia untuk membedakan ukuran berat dari dua buah besaran
yang berbeda?
Mengapa konsep perbandingan sangat diperlukan dalam kehidupan
sehari-hari? Sebutkan
penerapan konsep perbandingan yang kalian ketahui? Apa perbedaan Perbandingan dengan
membandingkan selisih diantara dua buah benda dengan membandingkan hasil bagi
dari dua buah benda
- Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan berbagai penerapan konsep perbandingan, misal: bagaimanana
membuat denah untuk objek 3 dimensi, teknik membaca/ mendeskripsikan peta,
dsb
Eksperimen/explore
- Menggambar
denah atau peta letak suatu benda/rumah dengan benda-benda lain tanpa skala
dan dengan skala dilengkapi dengan unsur-unsur pelengkap peta
- Mendiskusikan,
membahas dan menentukan nilai perbandingan atau skala dari peta, serta
menghitung ukuran sebenarnya benda dalam peta/denah/foto berdasarkan skalanya
- Melakukan pengukuran pada model (gambar, denah, peta) untuk menentukan jarak atau ukuran sebenarnya
- Mendiskusikan,
membahas dan menentukan nilai perbandingan dari komposisi bahan makanan,
bahan obat pada resep, bahan bangunan dsb serta menghitung bahan yang
diperlukan dalam resep/gedung dsb berdasarkan nilai perbandingan.
- Menjelaskan,
mendeskripsikan, menggambarkan dalam bentuk ilustrasi, gambar, diagram
ataupun cara lainnya serta merumuskan model matematika dari konsep
perbandingan sebagai hubungan fungsional antara suatu besaran dengan besaran
lain berbentuk perbandingan
seharga(senilai), perbandingan
berbalik harga(nilai) baik yang bersifat linear ataupun non linear dalam
masalah sehari-hari ataupun dalam matematika
-
Mendiskusikan masalah dan strategi menyelesaikan masalah nyata yang melibatkan konsep
perbandingan serta membaca table atau grafik untuk membantu menyelesaikan
masalah perbandingan untuk menaksir nilai besaran yang belum diketahui
Asosiasi
-
Mengidentifikasi, menganalisis dan menemukan
atau merumuskan melalui pengamatan pola untuk menentukan jumlah atau
kuantitas suatu besaran apabila nilai perbandingan dan selisih atau jumlah
dua besaran diketahui
- Menganalisis
fenomena, peristiwa, kejadian suatu besaran untuk menyimpulkan perbandingan
senilai atau perbandingan berbalik nilai berdasarkan data yang diketahui
- Menganalisis
dan memprediksi atau menyimpulkan batasan atau ketentuan berlakunya hubungan
dua besaran yang bersifat fungsional dengan perbandingan tertentu
- Membuat
keterkaitan antara penyelesaian suatu permasalahan yang melibatkan
perbandingan dengan tabel dan grafik
- Membuat
kesimpulan cara yang termudah dan keakuratan dalam menyelesaikan suatu
permasalahan yang melibatkan konsep perbandungan apakah dengan tabel atau
grafik.
Komunikasi
- Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan penerapan
konsep perbandingan
yang dikuasai, contoh menyelesaikan permasalahan yang melibatkan konsep
perbandingan
- Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi,
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
- Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Observasi
Selama KBM:
§ ketelitian
§ rasa ingin tahu
Portofolio
Menilai
kemajuan belajar dalam memecahkan masalah perbandingan:
§ pemahaman
§ pemodelan
atau penyusunan kalimat matematika
§ memilih
strategi dan menyelesaikan model
§ masuk akalnya
penyelesaian
Tes
Mengerjakan
lembar kerja berkaitan perbandingan:
§ identifikasi
hubungan fungsional seharga, berbalik nilai, linear dan non linear
§ penerapan
perbandingan dalam matematika dan di luar matematika
|
2x5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud,
Peristiwa sehari-hari dan
lingkungan.
|
070404 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah
nyata dengan menggunakan tabel dan grafik
|
|||||
070405 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak
diketahui menggunakan grafik
|
|||||
070401 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah
aritmatika sosial sederhana
|
Aritmetika Sosial
|
Mengamati
- Mengamati peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep
aljabar dalam masalah aritmatika sosial, seperti proses transaksi jual beli dalam perdagangan
disebuah kantin sekolah, bentuk lembah gunung, reproduksi makhluk hidup dsb.
Menanya
- Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya bagaimana aktifitas sehari-hari yang melibatkan
penggunaan bilngan, besaran-besaran yang nilai dipengaruhi oleh besaran lain,
misal:harga dan kualitas barang, kecepatan dan waktu tempuh, dsb.
- Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan apakah berbagai kejadian sehari-hari dapat
dimodelkan dengan rumus tertentu, dsb
Eksperimen/explore
- Membahas,
mendiskusikan dan menjelaskan peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan
dengan ekspresi atau bentuk aljabar
- Menyatakan
suatu bentuk aljabar ke dalam bahasa verbal sehari-hari dan memberikan contoh-contoh peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi
tersebut
- Mendeskripsikan
dan mengidentifikasi variable, koefisien, konstata dan derajat dari ekpresi
aljabar
- Mendiskusikan,
membahas, mengidentifikasi dan mendeskripsikan masalah sederhana aritmetika
social (seperi berbagai bentuk transaksi jual beli, pendapatan dan belanja di
keluarga atau lembaga, simpan pinjam, bunga kredit, deposito, tabungan, dsb)
serta menyatakan bentuk aljabarnya ke dalam berbagai bentuk penyajian.
- Melakukan pengamatan kegiatan
perdagangan di pasar, warung, kantin sekolah, kemudian membuatkan model
matematikanya
- melakukan pendataan melalui wawancara
antar anggota sekolah mengenai pengalaman transaksi ekonomi (nama barang,
harga beli, harga jual), kemudian mengolah data (untung/rugi) dan
mempresentasikannya serta menyimpulkan
bersama apa yang dimaksud pengertian harga jual, beli, untung dan rugi.
-
Menimbang barang/makanan kemasan yang
berisi netto (dalam gram) dengan neraca ohauss dan membuat tabel yang berisi nilai berat hasil
timbangan(brutto), berat pada kemasan(netto), dan menghitung selisihnya.
-
Menjelaskan, merumuskan model
matematika, memilih dan menerapkan strategi melalui manipulasi alajabar untuk
menyelesaikan masalah aritmetika social sederhana (seperti masalah harga
produksi, jual, beli, untung, dan rugi, masalah berat neto, bruto, dan tara)
Asosiasi
-
Menganalisis penerapan konsep aljabar yang
terkait dalam aritmatika social sederhana
- Merumuskan suatu
permasalahan aritmatika social sederhana dengan menggunakan model matematika
Komunikasi
- Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan penerapan
konsep aljabar dalam menyelesaikan suatu permasalahan aritmatika sederhana yang dikuasai, contoh masalah yang
diselesaikan dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
- Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi,
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
- Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya
|
Tugas
-
Mencari informasi sejarah seputar perdagangan
Observasi
-
Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
-
Menilai laporan tertulis siswa atau kelompok mengenai
konsep atau keterampilan yang telah dipelajari
Tes
-
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan konsep
aljabar yang diterapkan dalam masalah aritmatika social sederhana
-
Menilai keterampilan menyelesaikan suatu permasalahan
yang melibatkan konsep aljabar
|
2x5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud
, Peristiwa sehari-hari, lingkungan.
Uang mainan, barang di sekolah
|
070305 Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat
generalisasi (kesimpulan)
|
Pola Bilangan
|
Mengamati
- Mengamati video/foto
atau peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan pola
bilangan, pola geometris, atau pola peristiwa , seperti menentukan
pola selanjutnya dari deretan kursi, pola kejadian suatu bencana, dsb.
Menanya
- Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana dulu manusia mengenal dan menggunakan suatu pola? Apa itu pola? Bagaimana menentukan pola
berikutnya?bagaimana menentukan suatu pola
- Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan berbagai konsep pola bilangan, misal: adalah bagaimana
menerapkan memprediksi event, kejadian, peristiwa berikutnya berdasar pola
yang teramati? Seberapa akurat/teliti pola
Eksperimen/explore
- Mendiskusikan
dan menjelaskan alasan dalam memprediksi berbagai kemungkinan pola bilangan,
pola geometris berdasarkan data yang disediakan
- Menyusun atau
membuat pola bilangan dan pola geometris tertentu dan meminta teman dalam
kelompok untuk memprediksi polanya dan menjelaskan alasan logis yang
dibuatnya
- Mendiskusikan
dan menjelaskan alasan dalam memprediksi aturan dari barisan bilangan dan
barisan geometris berdasarkan data yang disediakan
- Menyusun atau
membuat barisan bilangan dan barisan geometris tertentu dan meminta teman
dalam kelompok untuk memprediksi aturan dan menjelaskan alasan logis yang
dibuatnya
- Dengan permainan beberapa siswa
memperagakan pola bilangan dengan alat peraga (kartu, batang korek api,
kelereng, dll) secara kreatif.
- Secara demokratis berkelompok
melakukan demonstrasi untuk mengenalkan pola barisan bilangan. Dari aktivitas tersebut dapat menemukan apa
yang dimaksud dengan pola barisan bilangan dan menemukan unsur-unsur pada
masing-masing pola barisan bilangan yang ada dengan penuh tanggung jawab
- Secara
berkelompok melakukan observasi pada
barisan aritmatika dan barisan geometri dengan teliti. Dari aktivitas itu
Peserta Didik diharapkan dapat memahami pengetian barisan aritmatika, barisan
geometri, perbedaan barisan aritmatika dan barisan geometri dan
unsur-unsurnya. Selanjutnya Peserta Didik dibimbing untuk menentukan suku tertentu dari barisan aritmatika dan barisa geometri.
Asosiasi
- Mengidentifikasi,
menganalisis
dan membedakan pola, barisan dan deret berdasarkan hasil pengamatan
pola, barisan dan deret
- Menetapkan
aturan dan kriteria suatu barisan dan menuliskan, menggambarkan barisan yang
terjadi
- Menganalisis
perbedaan pola barisan aritmetika dengan barisan geometri
Komunikasi
- Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan menentukan
suatu pola,
contoh masalah yang diselesaikan dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan
sistematis
- Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi,
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
- Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
-
Mencari informasi sejarah seputar pola
Observasi
-
Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
-
Menilai laporan tertulis siswa atau kelompok mengenai
konsep atau keterampilan yang telah dipelajari
Tes
-
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan pola suatu
bilangan
-
Menilai keterampilan memecahkan masalah yang melibatkan
suatu pola
|
2x5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud,
lingkungan.
Alat peraga bilan gan, berbagai bangun
|
070403 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah
|
SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA
SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMP/MTS
|
Kelas /
Semester
|
:
|
VII
(Tujuh)/2 (Dua)
|
Kompetensi
Inti*
|
||
Kompetensi Inti 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
Kompetensi Inti 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
Kompetensi Inti 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
Kompetensi Dasar**
|
Materi Pokok***
|
Pendekatan Pembelajaran****
|
Instrumen Penilaian*****
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
070204 Menunjukkan perilaku disiplin dalam melakukan aktivitas di
rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi pelaksanakan
prosedur dalam menggambar segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat,
dan garis sumbunya menggunakan penggaris, jangka, dan busur
|
Segitiga dan Segiempat
|
Mengamati
- Mengamati gambar/foto/video
dari peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penerapan
konsep segitiga dan segiempat, seperti pembuatan sebuah rangkai atap bangunan yang
berbentuk segitiga, bentuk jendela, kaca, pintu, dan lain sebagainya
Menanya
- Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana seorang tukang bangunan, arsitek, desainer interior,
dsb dalam membuat sebuah rangkaian bangunan yang melibatkan bentuk segitiga
dan segiempat.
- Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan berbagai aspek segitiga dan segempat, misal bagaimana menyusun
modelnya, melukisnya, dsb serta penerapan bangun datar pada kehidupan
sehari-hari
Eksperimen/explore
- Mengidentifikasi
dan menjelaskan benda-benda dengan permukaaan berbentuk segitiga atau
segiempat yang bersifat alamiah ataupun buatan manusia untuk kepentingan
estetik, fungsi, manfaat, ataupun fungsi ergonomisnya
- Menggambar atau melukis
segitiga dan segi empat dengan berbagai ukuran sisi, sudut dan modelnya.
Mengukur sudutnya dengan dengan menggunakan busur derajat
- Menentukan jenis, sifat dan
karakteristik segitiga
dan segiempat berdasarkan
ukuran dan hubungan antar sudut dan sisi-sisi
- Mendiskusikan
dan menemukan rumus untuk menghitung keliling dan luas persegi panjang dan
segitiga melalui pengamatan atau eksperimen
- Menggambar,
mendemonstrasikan atau memperagakan berbagai bangun segitiga dan persegi
panjang dengan luas atau keliling tertentu dengan bantuan alat atau tanpa
alat peraga
- Mendiskusikan
dan menjelaskan cara menghitung luas segi empat lainnya (trapesium,
jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang) atau bangun gabungan melalui
pengamatan atau eksperimen
- Mendiskusikan
cara menaksir luas bangun datar tidak beraturan
- Melukis segitiga yang diketahui tiga
sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut
- Melakukan diskusi cara melukis
segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki, garis bagi , garis berat dan garis
sumbu
- Mendiskusikan,
membahas dan menjelaskan serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan sisi-sisi, sudut pada segitiga dan segi empat serta masalah
keliling dan luas
-
menyusun beberapa potongan puzzle
menjadi bangun segi empat tertentu serta mendiskusikan dan mengidentifikasi sifat
– sifat persegi , persegi panjang , trapezium , jajaran genjang belah ketupat
dan layang-layang melalui bangun- bangun datar.
Asosiasi
- Menganalisis dan melukis
berbagai jenis segitiga dengan karakteristik tertentu
dengan menggunakan penggaris dan jangka
- Menganalisis,
mengkaitkan dan mendefinisikan secara lebih persis perbedaan dan persamaan
segitiga siku-siku, segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, segitiga lancip,
segitiga tumpul, persegi, persegi panjang, trapezium, jajar genjang, belah
keupat, laying-layang
- Menganalisis
persamaan dan perbedaan dari garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis
sumbu suatu segitiga
Komunikasi
- Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan mengidentifikasi
sifat-sifat segitiga yang dikuasai, contoh menyebutkan
sifat-sifat segitiga dari hasil pengamatan
- Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan mengidentifikasi
sifat-sifat segiempat yang dikuasai, contoh menyebutkan
sifat-sifat segitiga dari hasil pengamatan
- Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi,
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
- Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
-
Mencari informasi sejarah segitiga
-
Mencari informasi seputar macam-macam segiempat
Observasi
-
Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
-
Menilai laporan tertulis siswa atau kelompok mengenai konsep
atau keterampilan yang telah dipelajari
Tes
-
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan segitiga dan segiempat
-
Menilai keterampilan memecahkan permasalahan
keseharian yang melibatkan segitiga dan segiempat
|
4x5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga segitiga, segi empat
|
070306 Memahami sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk
menentukan keliling dan luas
|
|||||
070308 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak
beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri
|
|||||
070407 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan
sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat,
dan layang-layang
|
|||||
070307 Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat Kartesius
|
Bidang Kartesius
|
Mengamati
- Mengamati gambar/tayangan
atau peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan koordinat
kartesius,
seperti letak sebuah benda di suatu lokasi, posisi
masing-masing pion pada papan catur.
Menanya
- Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana seorang nahkoda kapal menentukan arah
perjalanannya ketika sedang berlayar? Mengapa koordinat kartesius digunakan
dalam keseharian? Dalam apa saja digunakan koordinat kartesius? Apa manfaat
penggunaan bidang koordinat kartesius dalam kehidupan sehari-hari? bagaimana
menentukan posisi suatu benda?
- Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan berbagai penerapan koordinat kartesius, misal: apa itu
bidang kartesius?
Bagaimana cara menetapkan acuan letak suatu benda di muka bumi?
Bagaimana peran satelit dalam menentukan letak benda secara persis secara
relative dengan benda lainnya? Apa hubungannya dengan garis lintang dan
bujur?
Eksperimen/explore
- Melakukan pengamatan di lingkungan
sekolah kemudian membuatkan denah lokasi tersebut dan mampu menunjukan letak
posisi suatu benda pada denah yang digambarkan
-
Mendengar deskripsi atau
mendeskripsikan letak benda atau jarak suatu tempat dan posisi relatifnya
dengan benda atau objek, serta menggambarnya ke dalam denah/peta
-
Menjelaskan atau mendeskripsikan
pengertian, manfaat, tingkat kepentingan dan aspek kepraktisan system
koordinat untuk menggambarkan posisi benda dengan benda lainnya
-
Melakukan diskusi untuk menggambar
bangun datar pada bidang koordinat kartesius, menentukan
posisi suatu benda pada sebuah denah, titik,
garis pada bidang kartesius
Asosiasi
- Menganalisis dan merumuskan cara termudah
membuat denah letak suatu benda, bangun datar ataupun ojek lainnya
- Membahas atau
mengenal system koordinat lainnya (misal koordinat polar)
Komunikasi
- Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan menentukan
letak suatu benda pada bidang kartesius, contoh menyebutkan letak suatu titik, garis, dan bangun
datar pada bidang kartesius
- Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi,
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
- Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya
|
Tugas
-
Mencari informasi seputar penerapan kartesius dalam
kehidupan sehari-hari
Observasi
-
Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
-
Menilai laporan tertulis siswa atau kelompok mengenai
konsep atau keterampilan yang telah dipelajari
Tes
-
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan lokasi benda
pada bidang kartesius
-
Menilai keterampilan memecahkan permasalahan
yang melibatkan bidang kartesius
|
2x5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan.
Papan koordinat, peta
|
070309 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan,
rotasi) menggunakan objek-objek geometri
|
Transformasi
|
Mengamati
- Mengamati gambar/tayangan/peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan transformasi, seperti bayangan pada
sebuah cermin, hasil pembesaran atau pengecilan sebuah photo, jarak yang ditempuh
suatu kendaran dari tempat semula, dan lain sebagainya
Menanya
- Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana cara menggambarkan sebuah bayangan pada cermin ? mengapa transformasi (dilatasi,
translasi, pencerminan, rotasi) sangat diperlukan
dalam kehidupan sehari-hari? Apa manfaatnya?
- Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan berbagai penerapan transformasi, misal: bagiamana
jika dalam kehidupan tak ada transformasi? Bagaimana seorang nahkoda dalam menentukan arah yang
kan dilalui, dsb
Eksperimen/explore
- Membahas,
berdiskusi dan menjelaskan konsep, ciri-ciri transformasi geometri berupa dilatasi (perkalian,
perbesaran, kontraksi, kompresi), translasi (pergeseran/ perpindahan), refleksi (pencerminan) dan rotasi (perputaran) dan komposisinya dengan bantuan
diagram/gambar atau perangkat IT
- Menjelaskan,
menggambarkan dan menentukan
hasil bayangan pencerminan pada bidang kartesius; hasil translasi suatu titik; hasil
rotasi
suatu titik, garis, dan bangun datar; hasil dilatasi suatu titik, garis, dan bangun datar
dari hasil dilatasi
- Menjelaskan,
menggambarkan dan menentukan
hasil komposisi tranformasi suatu titik, garis, dan bangun datar
Asosiasi
- Menganalisis persamaan dan
perbedaan serta merumuskan sifat dilatasi, translasi, pencerminan dan rotasi
- Menganalisis
hasil dari dilatasi dengan berbagai posisi titik pusat
- Menganalisis hasil dari rotasi dengan berbagai posisi
titik pusat
- Mengidentifikasi,
merumuskan dan menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
transformasi geometri
Komunikasi
- Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan menentukan
hasil transformasi
(dilatasi, translasi, pencerminan dan rotasi) yang dikuasai, contoh masalah
yang diselesaikan dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
- Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi,
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
- Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya
|
Tugas
-
Mencari informasi penggunaan transformasi
Observasi
-
Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
-
Menilai laporan tertulis siswa atau kelompok mengenai
konsep atau keterampilan yang telah dipelajari
Tes
-
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan translasi
-
Menilai keterampilan memecahkan masalah secara tertulis
|
3x5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan.
Alat perag bangun datar
|
070406 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi,
pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan nyata
|
|||||
070203 Menunjukkan perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud
implementasi kejujuran dalam melaporkan data pengamatan
|
Statistika
|
Mengamati
- Mengamati gambar/foto/tayangan/peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan data, contoh
pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan, pencacahan jumlah penduduk,
tabel, grafik, batang, diagram lingkaran dan grafik garis, seperti penggunaan
hasil survey lembaga tentang partai politik, dsb
Menanya
- Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana cara mendapatkan data jumlah pertumbuhan
penduduk tiap tahun? Mengapa pengolahan data sangat diperlukan dalam
kehidupan sehari-hari?
- Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan berbagai aspek statistik, misal: bagaimana keandalan data untuk memprediksi suatu
peristiwa, bagaimana menentukan peluang kejadian tertentu, dsb
Eksperimen/explore
- Menjelaskan
berbagai informasi dari suatu objek atau benda misal: warna, bentuk, bahan,
asal, nama dan sebagainya.
- Membahas,
memberi contoh, dan mendeskripsikan populasi sebagai sekumpulan data yang
memiliki karakteristik sama dan menjadi objek inferensi, penggambaran atau
deskripsi dari populasi tersebut, misal: populasi siswa, hewan,
perangkat/perkakas benda.
- Menjelaskan
dan mendeskripsikan data sebagai informasi yang dicatat dan dikumpulkan
berupa hasil hitungan atau pengukuran dari suatu objek atau benda misal:
berat, ukuran, tinggi, lebar, volume, dan sebagainya
- Berdiskusi
dan menyusun lembar isian, formulir, atau kuesioner serta melakukan pengumpulan suatu data dengan cara pengukuran, pengamatan, dan
pencacahan untuk mendapatkan data dan informasi dari beberapa
teman sekelas, misal: nama, usia, berat dan tinggi badan, tempat dan tanggal
lahir, jumlah saudara, dsb
- Menyajikan
hasil pengumpulan data ke bentuk table biasa, table frekuensi, diagram
batang, garis dan lingkaran, grafik dengan menggunakan skala serta dilengkapi
keterangan dan judul yang tepat
- Secara berkelompok melakukan
demonstrasi dalam mengumpulkan, dan
mengklasifikasi data tunggal yang berasal dari kehidupan sehari-hari,
misalkan mengukur tinggi badan, menimbang berat badan, mencacah jumlah
keluarga, mengukur panjang daun, menghitung banyaknya kendaraan yang melintas
di perempatan dalam jangka waktu
tertentu dengan penuh tanggung jawab.
- Menjelaskan dan
mendeskripsikan pengertian
data tunggal, mengolah dan
menyajikannya dalam bentuk tabel atau diagram secara mandiri
- Mengolah,
mengurutkan, mengklasifikasi dan menyajikan data berkelompok dan tidak berkelompok
(tunggal) untuk menentukan deskripsi data seperti ukuran pemusatan
(rata-rata, median, modus, kuartil), ukuran penyebaran data (range/jangkauan,
simpangan kuartil, simpangan rata-rata, simpangan baku) ataupun
mendeskripsikan table atau grafik agar lebih mudah dibaca dan dimaknai
- Mengolah, mengurutkan,
mengklasifikasi dan menyajikan data berkelompok dan tidak berkelompok (tunggal) untuk
melakukan inferensi seperti
memprediksi nilai observasi masa depan berdasarkan perilaku data, menentukan
hubungan antar data, atau menafsirkan dan mengambil keputusan berdasar
analisis data
- Mencari informasi bagaimana
menyajikan data dalam bentuk diagram dengan perangkat pengolah kata dan
pengolah data dengan teliti. Kemudian, Peserta Didik
membuat sembarang data dan menyajikannya dalam bentuk diagram batang, garis,
atau lingkaran (simulasi program komputer)
Asosiasi
-
Mengidentifikasi, menganalisis dan
menyimpulkan jenis hasil pengumpulan data dari berbagai objek, misal: data
jenis kelamin, agama, warna kulit, dsb; data tingkat pendidikan, tingkat kepuasan, dsb; data tahun, temperature,
dsb; dan data pengukuran ukuran benda, tinggi, dsb
-
Mengidentifikasi, menganalisis dan
menyimpulkan perbedaaan dan persamaan hasil penafsiran, deskripsi atau statistic dari dua kelompok data sejenis atau apabila objek
pengumpulan data dipilih dengan kriteria tertentu
-
Menganalisis dan memberi
penjelasan alasan proses pembacaan data yang paling mudah, apakah dengan
tabel, diagram, atau grafik.
Komunikasi
- Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan pengolahan
data
yang dikuasai, contoh bagaimana cara melakukan pengolahan data dari hasil
pengukuran, pencacahan, dan lain sebagainya
- Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik, contoh bagaimana
cara melakukan penyajian data dari hasil pengukuran, pencacahan, dan lain
sebagainya.
- Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi,
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
- Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
-
Mencari informasi seputar survey suatu data
Observasi
-
Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
-
Menilai laporan tertulis siswa atau kelompok mengenai
konsep atau keterampilan yang telah dipelajari
Tes
-
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan pengolahan
data, penyajian data.
-
Menilai keterampilan memecahkan masalah yang
melibatkan penyajian data
|
3x5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud,
Data sehari-hari, lingkungan.
Data faktual
|
070311 3Memahami teknik penataan data dari dua variabel menggunakan
tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis
|
|||||
070408 Mengumpulkan, mengolah,
menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel,
diagram, dan grafik
|
|||||
070310 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang
mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data
|
Peluang
|
Mengamati
- Mengamati gambar/tayangan
peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan peluang
empirik,
seperti peluang munculnya angka pada pelemparan sebuah koin,
peluang munculnya angka pada kuis, dan peluang
pengambilan sebuah kelereng pada sebuah kotak.
Menanya
- Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana kemungkinan besok terjadi hujan? berapa kemungkinan seorang nasabah
dating ke bank dalam sebulan? dsb
- Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan seputar peluang, misal: bagaimana alasan, ciri atau sifat
peristiwa atau kejadian yang bersifat pasti, memiliki peluang tinggi atau
rendah, atau tidak berpeluang sama sekali?
Eksperimen/explore
- Membahas,
mendiskusikan dan menjelaskan berbagai kejadian sehari-hari yang bersifat
pasti terjadi, tidak mungkin terjadi, dan mungkin terjadi dikaitkan dengan
peluang kejadian.
- Membahas,
mendiskusikan dan menjelaskan berbagai kejadian sehari-hari yang bersifat
acak atau random, yaitu kejadian yang hasilnya atau terjadinya tidak dapat
dipengaruhi atau dikondisikan dan tidak acak dikaitkan dengan peluang
kejadian.
- Menjelaskan
dan mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara sederhana (klasik)
melalui percobaaan atau eksperimen statistic melempar uang logam atau koin,
dadu, dsb, terjadinya muka koin pertama atau kedua, atau terjadinya muka dadu
berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, dari sejumlah pelemparan serta mencatat hasil
kejadiannya ke dalam table
- Menjelaskan
berdasarkan hasil berbagai percobaan dan melalui contoh pengertian ruang
sample sebagai kumpulan semua kejadian mungkin terjadi dari percobaan serta
titik sampel yang merupakan kejadian sebagai unsur, elemen atau anggota dari
ruang sample, melalui diagram atau cara lainnya
- Mendalami
lebih lanjut, dengan berkelompok
melakukan percobaan lainnya misal mengambil bola dengan berbagai warna
dan jumlah tertentu dari sebuah kantong kemudian siswa diminta mengambil salah satu bola
secara acak, siswa menebak bahwa bola yang kemungkinan besar
terambil adalah bola warna kuning. Kemudian, siswa menanggapi benar atau tidaknya
pernyataan tersebut sambil memberikan alasannya secara demokratis.
- Menjelaskan
dan mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara empirik melalui melempar
berkali-kali sampai tak terhingga uang logam atau koin, dadu, dsb, kemudian
mencatat frekuensi relative terjadinya muka koin pertama atau kedua, atau
terjadinya muka dadu berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, serta disajikan ke dalam
table
Asosiasi
- Mendiskusikan,
menganalisis dan menyimpulkan melalui contoh serta mengujinya melalui
percobaan tentang konsep peluang secara logis/aksiomatik sebagai rasio atau
perbandingan dari jumlah cara terjadinya suatu peristiwa dibagi dengan jumlah
cara terjadi semua kejadian.
- Mengidentifikasi,
menganalisis dan mendeskripsikan konsep peluang sebagai tingkat kemungkinan
suatu peristiwa terjadi berdasarkan faktor-faktor kualitatif, pengalaman
dengan situasi yang serupa atau intuisi tertentu, misal: peluang seorang calon bupati terpilih adalah
60%, dsb
- Mendiskusikan,
menganalisis dan menyimpulkan arti peluang suatu kejadian bernilai 0, antara
0 dan 1, dan bernilai 1
- Menganalisis
dan merumuskan peluang empiric berdasarkan hasil percobaaan
Komunikasi
- Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan menentukan
peluang,
contoh mencari peluang emprik dari suatu percobaan.
- Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi,
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
- Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya
|
Tugas
-
Mencari informasi sejarah peluang
Observasi
-
Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
-
Menilai laporan tertulis siswa atau kelompok mengenai
konsep atau keterampilan yang telah dipelajari
Tes
-
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan peluang,
menentukan peluang, menentukan peluang empirik
-
Menilai keterampilan menyelesaikan permasalah yang
melibatkan peluang
|
3x5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga koin, dadu, benda lainnya
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar