RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas/Semseter : VII/2
Mata
Pelajaran : Matematika-Wajib
Topik
:
Transformasi
Waktu
: 1 x 25 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
1. Menghayati dan mengamalkan agama yang
dianutnya.
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama,
konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam
perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku
jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas
belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi,
translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Terlibat
aktif dalam pembelajaran transformasi.
2. Bekerjasama,
konsisten, disiplin, dan percaya diri dalam kegiatan kelompok.
3. Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4. Menemukan
konsep transformasi (translasi) menggunakan objek-objek geometri
5. Menentukan
lokasi objek hasil transformasi dalam koordinat kartesius.
6. Terampil
dalam menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan
berkaitan dengan transformasi.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi, Tanya
jawab dan penugasan, serta kegiatan pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran transformasi ini diharapkan peserta didik
terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam
menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta
dapat menjelaskan kembali konsep transformasi dan mampu menyelesaikan
permasalahan yang berkaitan dengan transformasi.
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Menemukan
Konsep Translasi (Pergeseran)
|
|||||||||||
Misalkan dan adalah bilangan real, translasi titik dengan menggeserabsis sejauh a dan menggeser ordinat sejauh , sedemikian diperoleh
titik , secara notasi
dilambangkan dengan:
Ø Sifat
1
Bangun yang digeser (ditranslasikan) tidak mengalami
perubahan bentuk dan ukuran
Ø Sifat
2
Bangun yang digeser (ditranslasikan) mengalami
perubahan posisi
v Contoh
a.
Sebuah titik digeser dengan sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran
titik oleh translasi !
Penyelesaian
Jadi pergeseran titik oleh translasi adalah titik .
F.
Model/Metode
Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah
pendekatan saintifik (scientific).
Pembelajaran kooperatif (cooperative
learning) dengan berbasis masalah (problem-based
learning).
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
memberikan gambaran tentang pentingnya memahami transformasi dan memberikan
gambaran tentang aplikasi transfprmasi dalam kehidupan sehari-hari.
2. Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak
memecahkan masalah yang berkaitan dengan koordinat kartesius dan menentukan
lokasi benda dalam koordinat kartesius.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menemukan konsep
transformasi dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan transformasi.
|
5 menit
|
Inti
|
1. Guru
bertanya tentang definisi transformasi(translasi).
2. Bila
siswa belum mampu menjawabnya, guru memberi scaffolding dengan mengingatkan siswa mengenai konsep transformasi(translasi).
3. Dengan
tanya jawab, dapat disimpulkan konsep transformasi(translasi).
4. Selanjutnya,
guru membuka cakrawala penerapan transformasi dengan berbagai sifat transformasi.
5. Guru
membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri atas 4
atau 5 siswa.
6. Tiap
kelompok mendapat tugas untuk menghitung hasil transformasi suatu objek.
Tugas diselesaikan berdasarkan worksheet
atau lembar kerja yang dibagikan.
7. Selama
siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa
untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh
pekerjaannya.
8. Beberapa
kelompok diskusi (tidak harus yang
terbaik) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
Sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang
dipresentasikan.
9. Guru
mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok.
10. Dengan
tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai transformasi(translasi).
11. Guru
memberikan empat (4) soal yang terkait dengan transformasi(translasi). Dengan
tanya jawab, siswa dan guru menyelesaikan keempat soal yang telah diberikan
dengan menggunakan strategi yang tepat.
|
15 menit
|
Penutup
|
1. Siswa
diminta menyimpulkan kembali transformasi dan sifat-sifatnya.
2. Dengan
penuliskan di papan tulis, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan
disimpulkan mengenai transformasi(translasi).
3. Guru
memberikan tugas PR beberapa soal mengenai transformasi.
4. Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
mengenai materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
5 menit
|
H.
Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
1. Buku
Siswa Matematika Kelas VII
2. Worksheet
atau LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
3. LCD
4. Whiteboard/blackboard
5. Spidol/Kapur
6. Penghapus
I.
Penilaian
Hasil Belajar
1. Teknik
Penilaian: Pengamatan, Tes tertulis
2. Prosedur
Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat
aktif dalam pembelajaran transformasi.
b. Bekerjasama,
konsisten, disiplin, dan percaya diri dalam kegiatan kelompok.
c. Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a. Menjelaskan
kembali konsep transformasi dan mampu menyelesaikan masalah mengenai
transformasi secara tepat, sistematis,
dan menggunakan simbol yang benar.
|
Pengamatan
dan tes
|
Penyelesaian tugas individu
dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a. Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan
berkaitan dengan transformasi.
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
J.
Instrumen
Penilaian Hasil Belajar
Tes Tertulis.
Soal
1. Sebuah
titik digeser dengan sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran
titik oleh translasi !
2. Sebuah
titik digeser dengan sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran
titik oleh translasi !
3. Sebuah
titik digeser dengan sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan translasi !
4. Sebuah
titik digeser dengan sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan titik !
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
SIKAP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/2
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan : Selama kegiatan
pembelajaran berlangsung
Indikator sikap aktif dalam
pembelajaran transformasi:
1.
Kurang
baik jika menunjukkan sama sekali
tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.
Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum
ajeg/konsisten
3.
Sangat
baik jika menunjukkan sudah ambil
bagian dalam menyelesaikan tugas
kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam
kegiatan kelompok.
1.
Kurang
baik jika sama sekali tidak berusaha
untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
2.
Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok tetapi masih
belum ajeg/konsisten.
3.
Sangat
baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam
kegiatan kelompok secara terus
menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
2.
Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah
yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.
Sangat
baik jika menunjukkansudah
ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda
√ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
7
|
||||||||||
8
|
||||||||||
9
|
||||||||||
10
|
||||||||||
11
|
||||||||||
12
|
||||||||||
13
|
||||||||||
14
|
||||||||||
15
|
Keterangan:
KB: Kurang baik ; B: Baik ; SB : Sangat
baik
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :VII/2
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan : Selama kegiatan
pembelajaran berlangsung
Indikator terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan transformasi.
1. Kurang
terampil jika sama
sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan transformasi.
2. Terampil
jika menunjukkan sudah
ada usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan transformasi tetapi belum tepat.
3. Sangat terampill, jika
menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan transformasi dan sudah tepat.
Bubuhkan tanda
√ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Keterampilan
|
||
Menerapkan konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
||||
8
|
||||
9
|
||||
10
|
||||
11
|
||||
12
|
||||
13
|
||||
14
|
||||
15
|
Keterangan:
KT :
Kurang terampil
T :
Terampil
ST :
Sangat terampil
KISI – KISI SOAL KELOMPOK
MATERI TRANSFORMASI
2014
Status
Pendidikan : SMP / VII Jumlah
Soal : 4 Soal
Mata Pelajaran :
Matematika Alokasi
Waktu : 5 Menit
Bentuk Soal : Uraian
No.
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Soal
|
|
1.
|
Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
Memahami konsep transformasi
(dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri.
|
Transformasi
|
Menentukan lokasi benda hasil
transformasi dalam koordinat kartesius.
|
Uraian
|
1. Sebuah
titik digeser dengan sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran
titik oleh translasi !
2. Sebuah
titik digeser dengan sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran
titik oleh translasi !
3. Sebuah
titik digeser dengan sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan translasi !
4. Sebuah
titik digeser dengan sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan titik !
|
SOAL Kelompok pada LKPD
1. Sebuah
titik digeser dengan sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran
titik oleh translasi !
2. Sebuah
titik digeser dengan sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran
titik oleh translasi !
3. Sebuah
titik digeser dengan sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan translasi !
4. Sebuah
titik digeser dengan sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan titik !
Kunci
Jawaban dan Pedoman Penskoran
Jawaban
|
Skor
|
SOAL KELOMPOK
1. Sebuah
titik digeser dengan sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran
titik oleh translasi !
Penyelesaian
Jadi pergeseran titik oleh translasi adalah titik .
2. Sebuah
titik digeser dengan sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran
titik oleh translasi !
Penyelesaian
Jadi pergeseran titik oleh translasi adalah titik .
3. Sebuah
titik digeser dengan sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan translasi !
Penyelesaian
Jadi =.
4. Sebuah
titik digeser dengan sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan titik !
Penyelesaian
Jadi =.
|
25
25
25
25
|
Jumlah
Skor
|
100
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar