Kamis, 17 Juli 2014

RPP PEER TEACHING MATEMATIKA BAB TRANSFORMASI KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semseter        : VII/2
Mata Pelajaran        : Matematika-Wajib
Topik                       : Transformasi
Waktu                     : 1 x 25 menit
A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.  Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.     Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya.
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.9 Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Terlibat aktif dalam pembelajaran transformasi.
2.      Bekerjasama, konsisten, disiplin, dan percaya diri dalam kegiatan kelompok.
3.      Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.      Menemukan konsep transformasi (translasi) menggunakan objek-objek geometri
5.      Menentukan lokasi objek hasil transformasi dalam koordinat kartesius.
6.      Terampil dalam menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan berkaitan dengan transformasi.

D.    Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi, Tanya jawab dan penugasan, serta kegiatan pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran transformasi ini diharapkan peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat menjelaskan kembali konsep transformasi dan mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan transformasi.

E.     Materi Pembelajaran
1.      Menemukan Konsep Translasi (Pergeseran)











 



Text Box: A(x,y)











































































Misalkan  dan  adalah bilangan real, translasi titik  dengan menggeserabsis  sejauh a dan menggeser ordinat  sejauh , sedemikian diperoleh titik , secara notasi dilambangkan dengan:

Ø  Sifat 1
Bangun yang digeser (ditranslasikan) tidak mengalami perubahan bentuk dan ukuran
Ø  Sifat 2
Bangun yang digeser (ditranslasikan) mengalami perubahan posisi

v  Contoh
a. Sebuah titik  digeser dengan  sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran titik  oleh translasi !
Penyelesaian

Jadi pergeseran titik  oleh translasi  adalah titik .


F.     Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific). Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dengan berbasis masalah (problem-based learning).

G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami transformasi dan memberikan gambaran tentang aplikasi transfprmasi dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah yang berkaitan dengan koordinat kartesius dan menentukan lokasi benda dalam koordinat kartesius.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menemukan konsep transformasi dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan transformasi.
5 menit
Inti
1.      Guru bertanya tentang definisi transformasi(translasi).
2.      Bila siswa belum mampu menjawabnya, guru memberi scaffolding dengan mengingatkan siswa mengenai konsep transformasi(translasi).
3.      Dengan tanya jawab, dapat disimpulkan konsep transformasi(translasi).
4.      Selanjutnya, guru membuka cakrawala penerapan transformasi dengan berbagai sifat transformasi.
5.      Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri atas 4 atau 5 siswa.
6.      Tiap kelompok mendapat tugas untuk menghitung hasil transformasi suatu objek. Tugas diselesaikan berdasarkan worksheet atau lembar kerja yang dibagikan.
7.      Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya.
8.      Beberapa kelompok diskusi (tidak harus yang terbaik) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan.
9.      Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok.
10.  Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai transformasi(translasi).
11.  Guru memberikan empat (4) soal yang terkait dengan transformasi(translasi). Dengan tanya jawab, siswa dan guru menyelesaikan keempat soal yang telah diberikan dengan menggunakan strategi yang tepat.
15 menit
Penutup
1.      Siswa diminta menyimpulkan kembali transformasi dan sifat-sifatnya.
2.      Dengan penuliskan di papan tulis, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai transformasi(translasi).
3.      Guru memberikan tugas PR beberapa soal mengenai transformasi.
4.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar mengenai materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

5 menit


H.    Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.      Buku Siswa Matematika Kelas VII
2.      Worksheet atau LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
3.      LCD
4.      Whiteboard/blackboard
5.      Spidol/Kapur
6.      Penghapus

I.       Penilaian Hasil Belajar
1.      Teknik Penilaian: Pengamatan, Tes tertulis
2.      Prosedur Penilaian:

No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran transformasi.
b.      Bekerjasama, konsisten, disiplin, dan percaya diri dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.       Menjelaskan kembali konsep transformasi dan mampu menyelesaikan masalah mengenai transformasi secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
Pengamatan dan tes
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
a.       Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan berkaitan dengan transformasi.
Pengamatan
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi








J.      Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Tes Tertulis.
Soal
1.      Sebuah titik  digeser dengan  sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran titik  oleh translasi !
2.      Sebuah titik  digeser dengan  sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran titik  oleh translasi !
3.      Sebuah titik  digeser dengan  sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan translasi !
4.      Sebuah titik  digeser dengan  sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan titik !























LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : VII/2
Tahun Pelajaran           : 2013/2014
Waktu Pengamatan     : Selama kegiatan pembelajaran berlangsung

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran transformasi:
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran


KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1










2










3










4










5










6










7










8










9










10










11










12










13










14










15










Keterangan:
KB: Kurang baik ; B: Baik ; SB : Sangat baik


















LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            :VII/2
Tahun Pelajaran           : 2013/2014
Waktu Pengamatan     : Selama kegiatan pembelajaran berlangsung

Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan transformasi.
1.      Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan transformasi.
2.      Terampil jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan transformasi tetapi belum tepat.
3.      Sangat terampill, jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan transformasi dan sudah tepat.

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Keterampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT
T
ST
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10




11




12




13




14




15





Keterangan:
KT       : Kurang terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat terampil














KISI – KISI SOAL KELOMPOK
MATERI TRANSFORMASI
2014

Status Pendidikan                   : SMP / VII                                                                                                     Jumlah Soal                 : 4 Soal
Mata Pelajaran                        : Matematika                                                                                                   Alokasi Waktu             : 5 Menit
Bentuk Soal                            : Uraian
No.
Kompetensi
Inti
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Soal
1.
Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri.

Transformasi
Menentukan lokasi benda hasil transformasi dalam koordinat kartesius.

Uraian
1.   Sebuah titik  digeser dengan  sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran titik  oleh translasi !
2.   Sebuah titik  digeser dengan  sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran titik  oleh translasi !
3.   Sebuah titik  digeser dengan  sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan translasi !
4.   Sebuah titik  digeser dengan  sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan titik !




SOAL Kelompok pada LKPD
1.      Sebuah titik  digeser dengan  sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran titik  oleh translasi !
2.      Sebuah titik  digeser dengan  sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran titik  oleh translasi !
3.      Sebuah titik  digeser dengan  sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan translasi !
4.      Sebuah titik  digeser dengan  sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan titik !

























                                      Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran


Jawaban
Skor

SOAL KELOMPOK
1.      Sebuah titik  digeser dengan  sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran titik  oleh translasi !
Penyelesaian

Jadi pergeseran titik  oleh translasi  adalah titik .
2.      Sebuah titik  digeser dengan  sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan pergeseran titik  oleh translasi !
Penyelesaian

Jadi pergeseran titik  oleh translasi  adalah titik .

3.      Sebuah titik  digeser dengan  sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan translasi !
Penyelesaian
Jadi =.
4.      Sebuah titik  digeser dengan  sehingga hasil pergeseran adalah . Tentukan titik !
Penyelesaian
Jadi =.





25











25









25







25
Jumlah Skor
100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar